Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer WELCOME TO OUR BLOG PRODUCT LIFE CYCLE (PLC) | Snack Pontianak

Gallery

PRODUCT LIFE CYCLE (PLC)

Siklus hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. Seperti halnya dengan manusia, suatu produk juga memiliki siklus atau daur hidup. Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar.
Menurut Basu Swastha (1984:127-132), daur hidup produk itu di bagi menjadi empat tahap, yaitu :


  • Tahap perkenalan (introduction) 
Pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi. Barang yang di jual umumnya barang baru (betul-betul baru). Karena masih berada pada tahap permulaan, biasanya ongkos yang dikeluarkan tinggi terutama biaya periklanan. Promosi yang dilakukan memang harus agfesif dan menitikberatkan pada merek penjual. Di samping itu, distribusi produk tersebut masih terbatas dan laba yang diperoleh masih rendah.  

Contohnya, stik keladi yang menjadi produk star, pada awal penjualannya stik keladi hanya terbatas pada dua varian rasa yaitu original dan pedas serta ukuran per buah nya yang cenderung besar. Pada awal distribusinya, produk ini tentu perlu dipromosikan dengan biaya yang tidak rendah. Semua produk pada awal mula kehadirannya di pasar tentu mengalami masa dimana produk tersebut belum dikenal oleh masyarakat sehingga produk ini tidak banyak dibeli atau dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan penjual harus menanggung kerugian diawal penjualan suatu produk karena biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada pendapatannya.

  • Tahap pertumbuhan (growth)  
Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya.  

Pada tahap pertumbuhan, stik keladi yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat mulai mengalami peningkatan dalam tingkat penjualan. Masyarakat yang mengkonsumsi stik keladi mulai menggemari stik keladi untuk dikonsumsi sebagai makanan cemilan sehingga permintaan akan stik keladi mulai meningkat dan meningkatkan pendapatan. Dalam tahap ini, pesaing mulai menjual produk yang bisa dibilang sama dengan apa yang dijual diawal saat produk baru mulai dijual karena pesaing melihat prospek akan keuntungan yang sangat besar dari melakukan penjualan terhadap produk ini.

  • Tahap kedewasaan (maturity)  
Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produknya dengan model yang baru. Pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan.  

Pada tahap kedewasaan, stik keladi yang tadinya berukuran besar dan hanya terbatas pada dua varian rasa mulai berkembang menjadi berukuran lebih kecil dan memiliki varian rasa lain seperti rasa keju, balado dan barbeque. Hal ini menandakan masyarakat mulai mengenal produk ini sehingga penjual menambah produksi dengan varian rasa lain  dan mengubah ukurannya menjadi lebih kecil sehingga konsumen menjadi lebih menggemari produk ini dan tingkat penjualan semakin meningkat.

  • Tahap kemunduran (decline)  
Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. Meskipun jumlah pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena permintaan sudah jauh menurun.Apabila barang yang lama tidak segera ditinggalkan tanpa mengganti dengan barang baru, maka perusahaan hanya dapat beroperasi pada pasar tertentu yang sangat terbatas.  

Dalam tahap kemunduran, stik keladi dengan ukuran yang besar mulai kurang diminati oleh konsumen karena adanya makanan ringan baru yang menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penjual harus dapat menciptakan produk makanan ringan yang baru untuk tetap mempertahankan konsumen agar konsumen tetap melakukan pembelian atas produk kita sehingga penjualan kita tetap meningkat dan keuntungan tetap dapat diperoleh.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Snack Pontianak Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang